IMG-20151231-WA0003

Dra Hj. Sri Hana Suganda

(Ibu dari 6 anak penghafal Al Qur’an)

Akhir tahun adalah waktu diantara waktu yang dipergilirkan Allah. Allah SWT banyak sekali mengingatkan kita bahwa di dalam pergantian waktu dan perputaran tahun, ada banyak ibroh dan pelajaran yang bisa diambil oleh orang-orang beriman :

(3:190) “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan perputaran malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi ulil albab

(24:44) “Allah mempergilirkan malam dan siang, sesungguhnya pada yang demikian itu pasti terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai menglihatan yang tajam

(25:62) ” Dan Dia pula yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”

Bagi orang beriman momen akhir tahun sejatinya adalah waktu untuk tafakkur dan bersyukur atas segala limpahan nikmat yang telah Allah berikan, momen muhasabah/evaluasi diri untuk apa segala nikmat yang telah Allah berikan itu dimanfaatkan. Momen untuk menghitung deposito amal yang akan dibawa menemui dzat pemberi kenikmatan.

Maka, bagi orang beriman tidaklah layak memanfaatkan akhir tahun menjadi sebuah pesta kegembiraan, apalagi dengan hura-hura dan ritual maksiat yang selama ini kita saksikan. Gembira karena umur berkurang padahal amal kebaikan tidak bertambah ? Gembira karena menyambut tahun baru yang akan datang pada hal kita tidak/belum punya target dan rencana proyek kebaikan yang akan kita sukseskan ?Na’udzudillah.

Semoga kita termasuk ke dalam barisan orang yang bisa mengambil ibroh atas penciptaan Allah dalam bergiliran waktu ini.

Wallahua’lam bish shawab